14 Tempat Tamasya di Pekalongan Terkini dan Paling Hits yang wajib Didatangi

14 Tempat Tamasya di Pekalongan Terkini dan Paling Hits yang wajib Didatangi.Pekalongan berasal dari nama bahasa Jawa Kalong yang artinya yakni kelelawar. Sementara ada cerita legenda yang mana zaman dulu seorang bernama Raden Bahu yang yakni abdi dalem Sultan Agung mendapatkan perintah. Dia mendapat perintah Sultan Agung untuk membangun daerah di Sebelah Barat Kabupaten Kendal. Ia melaksanakan ritual tapa ngalong atau tapa seperti kelelawar. Disinilah permulaan mula timbul nama Pekalongan yang sekarang terkenal akan tempat liburan indah yang dimilikinya.

Kota Pekalongan sendiri adalah tempat yang berbatasan lantas dengan kota tujuan wisata lain. Umpamanya seperti Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Brebes, Kabupaten Wonosobo hingga Kabupaten Batang. Lokasi ini dilewati oleh jalanan pantai utara pulau Jawa yang juga memuat akses menuju pekalongan menjadi gampang dijangkau.

Ada banyak tempat liburan malah tempat-tempat kultur yang sayang seandainya dilewatkan begitu saja. Mulai dari tamasya alam pantai pasir kencana Pekalongan sampai liburan pantai Slamaran. Berkeinginan tahu daftar daerah wisata di Pekalongan keren lainnya? Yuk simak berikut ini!

14 Tempat Tamasya di Pekalongan Terkini dan Paling Hits yang wajib Didatangi

14 Tempat Tamasya di Pekalongan Terkini dan Paling Hits yang wajib Didatangi

  1. Museum Batik Pekalongan

Tidak bisa disampingkan bahwa salah satu penghasil batik unggulan yakni di Pekalongan. Tidak heran jika ada museum yang didirikan untuk mengetahui pelbagai ragam koleksi batik khas Pekalongan dan corak batiknya pun hanya bisa dijumpai di museum ini. Selain berwisata, anda dapat menambah wawasan mengenai kebudayaan Indonesia ini.

Alamat Museum Batik Pekalongan berada di Tempat Jetayu 1 Kota Pekalongan. Bagi para pengunjung museum biasanya menghasilkan daerah ini sebagai daftar liburan wajib dikunjungi. Ada faktor edukasi menarik yang dimilikinya.

  1. Pantai Depok

Pantai dengan ombak yang landai ini pantas untuk mereka yang berharap berenang atau sekadar bermain air saat tamasya. Tempat tamasya keluarga di Pekalongan memang tidak cuma satu dua melainkan Pantai Depok Pekalongan tentu menjadi yang utama. Ada panorama alam yang menawan yang ditawarkan untuk memanjakan mata kita.

Letak pantai berada di Desa Depok, Kecamatan Siwalan Pekalongan. Nama pantai ini juga tidak hanya ada di Pekalongan sebenarnya. Letaknya ada juga di Yogyakarta tapi tentu ada panorama yang berbeda.

  1. Curug Bajing

Curug dengan ketinggian 1300 mdpl ini rupanya tidak kalah indah dengan curug muncar. Ada hawa adem dan cenderung dingin layak untuk merefresh seluruh kepenatan yang anda rasakan. Curug Bajing berketinggian air terjun kurang lebih 70 meter dan aliran airnya juga cukup deras. Untuk bisa menuju lokasi ini, anda sepatutnya berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir.

Letaknya berada di Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono. Lokasi yang juga agak jauh dari pemukiman penduduk serta masih seperti itu alami. Pastikan keadaan tubuh prima sebelum mengerjakan perjalanan menuju lokasi wisata ini.

  1. Pantai Slamaran

Nama Pantai Slamaran juga tidak akan asing hampir seluruh warga Pekalongan. Lokasinya juga tidak jauh dari pantai kencana. Disini nanti anda bisa mendapatkan pemandangan alam dengan laut lepas dan beberapa pohon-pohon yang menambah kesan romantis.

Letak dari Pantai Slamaran ini dipisahkan oleh sebuah pelabuhan dengan pantai Pasir Kencana. Lebih bagus anda berkunjung ke pantai Pasir Kencana khususnya dulu kemudian melanjutkannya ke pantai Slamaran.

  1. Curug Muncar

Domisili yang diceritakan sebelumnya bahwa Pekalongan memiliki Curug Muncar. Liburan ini dirasa masih demikian itu asri dan natural. lokasinya berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan memberi udara teduh khas seperti di pegunungan. Sayangnya untuk hingga lokasi memang memerlukan pengorbanan sedikit lebih keras sebab melalui jurang.

Domisili Curug Muncar ini berada di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono. Tepatnya terletak di hutan milik dari perhutani dan membikin perjalanan cukup berat sebab kondisi licin secara khusus dikala musim hujan.

  1. Pantai Pasir Kencana

Ini dia pantai yang berdekatan dengan pantai Slamaran. Daerah tamasya yang ada di Pekalongan ini memang menjadi destinasi unggulan. Untuk dapat menjangkau pantai juga tidak semacam itu sulit sebab lokasinya tak jauh dari sentra kota Pekalongan. Jaraknya sekitar 4 km dari Jantung Kota. Liburan cuma menyuguhkan pemandangan alam yang menawan melainkan ada akuarium besar yang berisi berjenis-jenis jenis biota laut yang menarik.

Lokasi pantai berada di Daerah Pantai Kecamatan Wonokerto. Ada pelabuhan dan pelelangan ikan yang mana apabila anda mau membawa oleh-oleh ikan laut segar maka bisa membelinya di pelelangan hal yang demikian.

  1. Desa Liburan Lolong

Daerah wisata yang satu ini seolah memberi kebahagiaan bagi para pecinta durian. Liburan, di Desa Liburan Lolong ini tenar akan buah durian dengan kualitas unggulan. Bagi para pecinta durian juga pasti mengharapkan makan buah duren segera di tempatnya. Tidak heran seandainya banyak keluarga yang datang dan merasakan liburan di sini.

Lokasi Desa Wisata Lolong ini berada di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar. Ada liburan adventure seperti river stubing yang ada di sungai Sengkarang. Daerah untuk mengunjunginya?

  1. Gunung Regojembangan

Untuk para pendaki gunung, apabila anda berkunjung ke Pekalongan karenanya tidak komplit rasanya kalau tak datang ke Gunung Regojembangan. Gunung ini memang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki setempat atau dari luar kawasan Pekalongan sekalipun. Ada pemandangan alam yang cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan. Gunung Regojembangan memiliki ketinggian 2.117 mdpl. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi jasmaniah yang prima sebelum mendaki.

  1. Watu Ireng

Bagi yang suka dan penasaran dengan hal-hal mistis karenanya anda dapat datang ke Watu Ireng. Daerah wisata ini berjarak dari kota Pekalogan cukup dekat. Watu Ireng sendiri mempunyai arti batu hitam dalam bahasa Indonesia. Di lokasi liburan, batu besar itu diperkirakan memiliki rongga dan tidak ada yang tahu asal mula batu hal yang demikian.

Letak Watu Ireng berada di Desa Lambur, kecamatan Kendang Serang. Supaya tergolong tamasya mistis melainkan rupanya dikala datang ke tempat ini tak semenakutkan yang anda bayangkan. Justru ada pepohonan dan hamparan hijau yang adem.

  1. Bukit Pawuluhan

Tidak menghabiskan liburan di daerah yang tak terlalu jauh? Anda bisa mengunjungi bukit Pawuluhan yang memiliki panorama khas pegunungan. Tetapi dapat menuju puncak bukit, anda memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Letaknya di atas nanti disuguhkan dengan pemandangan yang menarik untuk dijadikan spot foto. Ada spot foto menarik di atas bukit yang dapat anda potret. Bagi para traveller, tempat ini seolah menjadi tempat liburan yang mesti.

  1. Mangrove Park

Tidak banyak daerah yang mengandalkan mangrove park sebagai tempat tamasya. Lokasinya di Pekalongan, mangrove park ini memang dikembangkan menjadi tempat liburan yang menarik. Dulunya adalah tambak udang yang dikelola oleh dinas pertanian kota kemudian ditanami oleh pohon bakau.

Lokasinya berada di Kelurahan Sangkar Panjang, Kabupaten Pekalongan. Tujuan penanaman pohon bakau sendiri dialamatkan untuk mencegah abrasi air di kawasan setempat.

  1. Curug Bidadari Jolotigi

Salah satu yang sedang ngetren di kalangan buah hati muda ialah Curug Bidadari Jotoligi. Curug ini juga memiliki sebutan curug batu dinding kolam lima. Wisata di sekitaran air terjun ada lima aliran air yang hampir menyerupai kolam renang. Anda dapat melihat banyaknya foto daerah tamasya hal yang demikian di sosial media.

  1. Argowisata Kebun Teh Pagaliran

Pekalongan juga memiliki argowisata kebun teh dengan hawa sejuk dan begitu asri. Kebun teh ini juga masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang. Lokasinya dekat dengan Pekalongan yang jaraknya sekitar 40 km.

  1. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Mereka yang hobby mendaki gunung, spot mendaki keren lainnya ada di puncak Hanoman dari Gunung Kendalisodo. Gunung ini mempunyai ketinggian 1697 mdpl yang mana dengan ketinggian ini cocok untuk para pendaki pemula.

berada di Kecamatan Petungkriyo Pekalongan Jawa Tengah. Untuk yang telah benar-benar jago dalam mendaki gunung juga bisa merasakan pemandangan di atas dengan mudah. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan sebab estetika Puncak Hanoman harusnya menjadi perhatian bersama.

Tinggalkan komentar